Home » News archive

Entah siapa yang membuat gambar ini yang jelas dari sekian banyak perlambangan yang bertema persatuan dan kesatuan agama-agama yang pernah saya lihat, menurut saya gambar ini adalah salah satu gambar yang sangat mengena untuk menjelaskan mengapa agama-agama yang ada harus bersinergi.

"Ada sejuta kata dan cerita dalam sebuah gambar" adalah kalimat yang sudah tidak asing tentunya buat kita. Hal ini tentu berlaku juga terhadap gambar yang satu ini. Setiap orang tentu akan mempunyai penafsirnya masing-masing yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lainnya. Yang mana dalam pengelihatan saya, gambar ini berusaha mengungkapkan sebuah permakluman kepada agama-agama yang ada di dunia ini hari ini untuk mengakui bahwa setiap agama mempunyai keistimewaannya masing-masing. Mereka mempunyai corak dan karakteristiknya tersendiri yang unik, yang keunikan dan keistimewaan dalam satu agama tertentu tidak dimiliki oleh agama yang lainnya. Dan kenyataan itu membuat mereka diharuskan BERSINERGI untuk dapat membangun s ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 725 | Added by: edy | Date: 2012-08-20 | Comments (0)

Indonesia adalah sebuah negara dengan jumlah suku terbanyak dan memiliki bahasa terbanyak di dunia. Ini kekayaan tak ternilai bangsa ini dan adalah anugerah luar biasa bagi bangsa ini. Bahasa merupakan alat komuniskasi manusia, melalui bahasa kita menyampaikan maksud kita kepada orang lain. Kita bisa bayangkan jika bangsa ini tidak memiliki bahasa pemersatu. Kita bisa bayangkan jika bangsa ini berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan bahasa suku atau daerah asal mereka masing-masing. Betapa sulitnya urusan kita berjalan. 

Hal yang paling utama dari kehadiran bahasa indonesia adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Dengan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu menjadi jelas identitas setiap orang. Bahwa kita adalah orang indonesia. Kita boleh terlahir sebagai orang batak, kita boleh terlahir sebagai orang Sunda, kita boleh terlahir sebagai orang jawa, kita boleh terlahir sebagai orang Madura, sebagai orang Aceh, sebagai orang Bima, sebagai orang Makasar, Lombok, Betawi, Ambon, Menado, Papua a ... Read more »
Category: Seputar Indonesia | Views: 676 | Added by: edy | Date: 2012-08-17 | Comments (0)

Indonesia atau Nusantara nama lainnya adalah negara yang memancarkan pesona alam, budaya, dan daya tarik masyarakat yang mengagumkan. Memiliki adat istiadat, tradisi, dan suku bangsa yang sanggup membuat decak kagum. Kekayaan flora dan faunanya mencapai ribuan jenis, dari heningnya lautan yang penuh warna hingga kemegahan pegunungan yang menjulang tinggi.
 
Sudahkah Anda mengenali keunikan yang dimiliki bangsa ini? Berikut ini hanya sebagian kecil dari keunikan yang sekaligus keunggulan yang dimiliki Indonesia. Tidak lain dan tidak bukan pengetahuan ini diharapkan dapat menambah kecintaan kita kepada Tanah Air yang indah ini, terpenting juga kita wajib menjaga sekaligus melestarikannya.
Category: Seputar Indonesia | Views: 729 | Added by: edy | Date: 2012-08-17 | Comments (0)

Tragedi Nagasaki memang bukanlah tragedi terkini dan Tragedi Hirosima terjadi telah cukup lama...

Namun pesan-pesan yang ditinggalkannya masih saja terus bersuara, meminta untuk dicermati dengan seksama...

Pesan-pesannya peringati umat manusia akan mahalnya harga lupa akan hakiki manusia yang bersaudara...

Ribuan nyawa yang tergeletak di depan mata berharap dapat meninggalkan sebuah tanda, bahwa manusia harusnya saling menjaga...

Manusia bukanlah hewan yang tak kenal tata krama, yang bisa tanpa dosa hacurkan sesama dengan begitu tega...

Ribuan tetes air mata yang tumpah berharap dapat bercerita bahwa betapa perang tak boleh lagi menjadi budaya...

Bahwa betapa manusia mahluk mulia yang tidak pantas dengan prilaku tak beradab dan durjana...

Kisah Nagasaki dan Hirosima memanglah kisah duka hilangnya ribuan nyawa yang menyisakan jutaan luka...

Namun biarlah duka dan luka berganti suka dan bahagia akan lahirnya sebuah budaya terbaik bagi manusia...

Budaya saling jaga dalam nama kemanusiaan yang adil dan beradab yang be ... Read more »

Category: Puisi | Views: 742 | Added by: edy | Date: 2012-08-06 | Comments (0)

Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Inilah hikmat luar biasa yang Allah berikan kepada Luqman. Sebuah pengertian yang mengungkap makna dari bersyukur serta keutamaan dan kedudukannya bagi diri dan hidup manusia. Luar biasa karena melalui hikmat ini kita menjadi mengerti bahwa bersyukur bukanlah untuk kepentingan Allah melainkan untuk kepentingan diri kita sendiri. Bersyukur adalah kebutuhan alamiah manusia. Bersyukur adalah sebuah jalan bagi manusia untuk dapat terakses kepada kekuatan dasyat dan keluasan hidup yang mengagumkan. Bersyukur adalah sebuah solusi yang dapat menjawab dan melepaskan kita dari segala persoalan hidup yang memenjarakan. Dan bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Untuk itu, mencapai kualitas kebersyukuran yang sebaik-baiknya haruslah menjadi sebuah perjuangan bagi setiap manusia yang menghendaki hidup yang penuh berkah dan kedamaian.


Kualitas kebersyukuran seseorang kepad ... Read more »
Category: Tata Jiwa | Views: 767 | Added by: edy | Date: 2012-07-31 | Comments (0)

Kita tahu bahwa ketika seekor ulat terlahir, dia tidak saja hanya terlahir sebagai seekor ulat, melainkan juga sesungguhnya terlahir sebagai atau untuk menjadi seekor kupu-kupu. Menjadi seekor ulat hanyalah sebuah fase yang harus dilewatinya untuk kemudian menjadi kupu-kupu. Ya, menjadi kupu-kupu itulah sempurnanya penciptaan seekor ulat. Pertanyaannya adalah, kenapa Tuhan tidak sedari awal menciptakan kupu-kupu langsung sebagai kupu-kupu tanpa terlebih dulu menciptakannya sebagai ulat? Hal ini dikarenakan jika ketika telur kupu-kupu itu menetas langsung sebagai bayi kupu-kupu, bayi kupu-kupu tadi tidak akan dapat bertahan hidup. Akan sangat sulit baginya jika harus menempuh jarak yang sedemikian jauh untuk mendatangi bunga demi bunga. Seekor kupu-kupu, ketika ia terlahir, dia harus terlahir sebagai kupu-kupu yang besar dan dewasa. Dan oleh karenanya untuk dapat terlahir sebagai kupu-kupu besar dan dewasa tadi dia harus menjadi ulat terlebih dulu. Dia harus menjadi mesin pemakan yang melahap daun-daun disekitarnya untuk berkembang. Hal itu harus dilakukannya terus menerus ... Read more »

Category: Uncategory | Views: 778 | Added by: edy | Date: 2012-07-30 | Comments (0)

Setiap manusia dapat dikatakan pastilah mempunyai rasa takut dan kekhawtiran pada dirinya. Perasaan tersebut sangatlah manusiawi adanya. Dan bahkan takut dan khawatir yang ada pada diri manusia sebenarnya adalah merupakan ciri khas dari manusia itu sendiri. Dengan kata lain, memang seperti itulah seharusnya manusia. Dalam ini tinggal pitar-pintarnya kita saja dalam mengenali hakekat dari rasa takut dan khawatir yang kita miliki dan kemudian mengelolanya dengan baik.

Sebenarnya rasa takut dan khawatir yang hadir pada diri kita, hadir lantaran keterbatasan yang kita miliki sebagai manusia. Ada begitu banyak hal yang tidak pasti bagi kita, ada begitu banyak misteri dalam hidup ini yang tidak kita mengerti, ada begitu banyak hal yang kita tidak tahu, dan ada begitu banyak urusan yang tidak berada dalam kendali kita. Singkatnya, lantaran keterbatasan dan kelemahan yang kita miliki itulah yang menjadi sebab kita selalu dihinggapi perasaan takut dan khawatir.

Meskipun rasa takut dan khawatir adalah perasaan negatif yang harus kita hindari dan singkirkan dari diri ... Read more »

Category: Tata Jiwa | Views: 786 | Added by: edy | Date: 2012-07-29 | Comments (0)

Alasan utama yang mendasari perlunya dilakukan segmentasi pasar adalah lantaran sebuah produk pastilah diciptakan untuk kelompok tertentu dalam pasar. Oleh karenanya langkah awal yang perlu kita lakukan sebelum melakukan pemasaran adalah terlebih dulu menentukan kelompok pasar yang tepat untuk produk yang hendak kita jual. Jika kita gagal atau salah menentukan kelompok pasar yang tepat untuk produk yang hendak kita jual, maka upaya pemasaran yang kita lakukan dapat terancam gagal atau mengalami pemborosan-pemborosan yang tidak tepat sasaran.

Seberapa spesifik kelompok pasar yang kita tetapkan sebagai target pemasaran kita, sangat tergantung seberapa khusus produk yang kita hendak pasarkan. Jadi kepada siapa atau kepada segment yang mana kita harus menawarkan produk kita adalah kepada segment yang benar-benar membutuhkan produk kita. Mereka yang membutuhkan produk kita itulah target pasar potensial kita. Untuk itu kita harus terlebih dulu melakukan segmentasi dan menentukan target yang tepat berdasarkan beberapa hal. Diantarnya: berdasarkan wilayah, pekerjaan, usia, ... Read more »

Category: Uncategory | Views: 753 | Added by: edy | Date: 2012-07-29 | Comments (0)

Salah satu obyek wisata yang mengandung syiar-syiar Pancasila di dalamnya, serta sangat sejalan dengan semangat Bhineka Tunggal Ika dan budaya Indonesia yang cinta damai dan penuh persahabatan adalah Obyek Wisata Bukit Kasih yang terletak di Desa Kanonang, Minahasa, Manado, Sulewesi Utara. 

Di Bukit Kasih ini berdiri lima tempat ibadah dari kelima agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia. Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha. Kelima tempat ibadah tersebut dibangun saling berdampingan satu sama lainnya di atas sebuah bukit. Selain itu, di obyek wisata Bukit Kasih ini juga terdapat sebuah tugu yang sengaja dibangun sebagi sebuah simbol toleransi antar umat beragama yang ada di negeri ini. Tugu tersebut diberi nama Tugu Toleransi. Dimana di masing-masing sisi dari Tugu Toleransi tersebut terdapat simbol serta kutipan ... Read more »

Category: Uncategory | Views: 828 | Added by: edy | Date: 2012-07-29 | Comments (0)

"..Adapun buih itu akan hilang sebagai sesuatu yang tiada harganya. Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, ia akan tetap tinggal di bumi..” (Ar Ra’d 17)

Waktu terus berjalan melintasi jaman demi jaman menghadirkan beraneka cerita.
Banyak hal yang tadinya ada kini menjadi tiada.
Banyak konsep yang pernah lahir dan sekarang entah dikubur dimana.
Banyak bangsa yang begitu berjaya namun sekarang hanyalah tinggal nama.
Banyak agama yang pernah mengisi jiwa manusia namun kini seperti telah menguap ke udara.
Walau demikian sang waktu masih terus berjalan melintasi jaman demi jaman menemani kisah peradaban manusia.
Entah sampai dimana ujung cerita peradaban manusia ini akan terus bergema.
Yang jelas ribuan tahun telah berlalu dan manusia masih tetap ada.
Walau nampak jelas bahwa rupanya bukan umat manusia yang berkuasa.
Manusia hanyalah wayang dalam pegelaran jaman yang punya kuasa.
Jamanlah yang menseleksi semua yang melintas bersama peradaban manusia.
Dan dengan kuasa jaman hendaklah ... Read more »
Category: Uncategory | Views: 773 | Added by: edy | Date: 2012-07-27 | Comments (0)

« 1 2 ... 14 15 16 17 18 ... 20 21 »