Home » Tata Jiwa

Manusia memiliki begitu banyak lapisan kesadaran. Di antaranya ada lima lapisan utama:

LAPISAN FISIK, yang ditentukan oleh makanan. Makanan yang dikonsumsi menentukan kesehatan fisik. Untuk kegiatan Anda sehari-hari, Anda menggunakan fisik Anda. Lapisan fisik ini dikendalikan oleh lapisan berikutnya, yaitu:

LAPISAN ENERGI/PSIKIS, yang Anda peroleh dari alam sekitar Anda, lewat pernapasan dan sebagainya. Anda bisa hidup tanpa makan untuk beberapa minggu. Anda mungkin dapat mempertahankan kehidupan tanpa air untuk beberapa hari. Tetapi sudah pasti tidak dapat mempertahankan kehidupan tanpa napas, tanpa energi. Selama ini kita berpikir bahwa kita bernapas hanya lewat hidung, atau lewat mulut. Tidak benar, Apabila seluruh badan Anda dioles dengan sesuatu yang dapat menutupi pori-pori, tetap dibiarkan terbuka tana olesan apa pun, Anda tetap juga tidak dapat mempertahankan kehidupan. Kesimpulannya: Anda bernapas bukan hanya lewat hidung atau mulut saja, tetapi lewat setiap pori-pori Anda. Sehingga seseorang yang ditanam di bawah tanah selama beberapa ... Read more »

Category: Tata Jiwa | Views: 1270 | Added by: edy | Date: 2014-05-27 | Comments (0)

Apa itu penderitaan?

Penderitaan adalah perasaan tidak menyenangkan, perasaan sakit, perasaan susah atau perasaan menderita yang dialami oleh seseorang. Penderitaan dapat dikatakan adalah bagian yang tak terhindarkan dari hidup seseorang. Setiap orang pasti akan mengalami pederitaan yang tentu dalam kapasitas yang berbeda-beda. Penderitaan, oleh karena merupakan hal yang tidak menyenangkan, ia menjadi hal yang dihindari oleh setiap orang. Tidak ada orang yang mau dan ingin menderita. 

Macam dan Sumber Penderitaan

Macam penderitaan dapat berupa penderitaan fisik ataupun penderitaan pisikis dan sumber penderitaan dapat dibagi menjadi dua, yaitu yang berasal dari luar diri dan yang berasal dari dalam diri. Pederitaan fisik dan pisikis keduanya saling mempengaruhi satu sama lainnya. Ketika kita mengalami pederitaan fisik, maka pisikis kita juga sedikit banyak akan ikut merasakan penderitaan tersebut. Demikian juga ketika kita mengalami penderitaan pisikis, maka fisik kita pun akan ikut merasakan penderitaan tersebut. Namun satu hal yang perlu ... Read more »

Category: Tata Jiwa | Views: 670 | Added by: edy | Date: 2013-07-24 | Comments (0)

"Kita adalah budak dari kebiasaan kita" begitulah salah satu ungkapan yang menggambarkan bagaimana kuatnya daya kendali sebuah kebiasaan. Sebuah kebiasaan yang telah mendarah-daging dalam diri seseorang akan menjadi sebuah perangkat yang menggerkan seseorang dalam prilaku otomatis. Jika itu adalah seperangkat kebiasaan-kebiasaan yang baik, tentu tidaklah masalah dan bagus adanya. Tapi jika itu adalah seperangkat kebiasaan-kebiasaan buruk, maka tentulah akan menjadi sebuah masalah. Karena begitu melekatnya sebuah kebiasaan, sering kali diperlukan sebuah usaha yang tidak mudah untuk merubahnya.
 
Kebiasaan terbentuk akibat dari sebuah prilaku yang dikerjakan secara berulang-ulang dalam satu kurun waktu yang panjang, sehingga ia terekam dengan kuat di alam bawah sadar seseorang dan juga di dalam memori ototnya. Mylin adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komponen dari memori otot atau muscle memory yang terbentuk akibat dari sebuah prilaku yang berulang-ulang dan terus menerus. Itu ... Read more »
Category: Tata Jiwa | Views: 762 | Added by: edy | Date: 2013-07-12 | Comments (0)

Segala sesuatu tentu mempunyai nilainya sendiri. Dan nilai segala sesuatu sangatlah relatif. Sangat bergantung kepada kita yang menilai. Menjadi relatifnya nilai sesuatu adalah karena setiap kita memiliki standar yang berbeda-beda dalam menilai. Dan karena dari itulah sesuatu yg dipandang sangat tinggi nilainya bagi seseorang, sangat mungkin menjadi sangat rendah nilainya bagi yang lain. Satu hal yang penting mengenai hal ini adalah bahwa kita harus tahu betul bahwa kita sangat mungkin salah dalam memberi nilai terhadap segala sesuatu yang ada. Dan tentu saja kesalahan kita dalam menilai akan sangat memberi pengaruh kepada diri dan kehidupan kita. Nilai yang kita tetapkan atas sesuatu, akan sangat mempengaruhi sikap kita terhadapnya. Jika sesuatu yang sangat rendah nilai sebenarnya, tapi kemudian karena kelemahan akal dan hati kita membuatnya bernilai tinggi bagi kita, tentu saja hal itu akan sangat buruk akibatnya bagi kita. Kita tahu apapun yang yang kita pandang bernilai tinggi, ia akan menjadi bagian dari kepingan hati kita. Ia akan mempengaruhi ... Read more »
Category: Tata Jiwa | Views: 755 | Added by: edy | Date: 2013-06-13 | Comments (0)

Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Inilah hikmat luar biasa yang Allah berikan kepada Luqman. Sebuah pengertian yang mengungkap makna dari bersyukur serta keutamaan dan kedudukannya bagi diri dan hidup manusia. Luar biasa karena melalui hikmat ini kita menjadi mengerti bahwa bersyukur bukanlah untuk kepentingan Allah melainkan untuk kepentingan diri kita sendiri. Bersyukur adalah kebutuhan alamiah manusia. Bersyukur adalah sebuah jalan bagi manusia untuk dapat terakses kepada kekuatan dasyat dan keluasan hidup yang mengagumkan. Bersyukur adalah sebuah solusi yang dapat menjawab dan melepaskan kita dari segala persoalan hidup yang memenjarakan. Dan bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Untuk itu, mencapai kualitas kebersyukuran yang sebaik-baiknya haruslah menjadi sebuah perjuangan bagi setiap manusia yang menghendaki hidup yang penuh berkah dan kedamaian.


Kualitas kebersyukuran seseorang kepad ... Read more »
Category: Tata Jiwa | Views: 763 | Added by: edy | Date: 2012-07-31 | Comments (0)

Setiap manusia dapat dikatakan pastilah mempunyai rasa takut dan kekhawtiran pada dirinya. Perasaan tersebut sangatlah manusiawi adanya. Dan bahkan takut dan khawatir yang ada pada diri manusia sebenarnya adalah merupakan ciri khas dari manusia itu sendiri. Dengan kata lain, memang seperti itulah seharusnya manusia. Dalam ini tinggal pitar-pintarnya kita saja dalam mengenali hakekat dari rasa takut dan khawatir yang kita miliki dan kemudian mengelolanya dengan baik.

Sebenarnya rasa takut dan khawatir yang hadir pada diri kita, hadir lantaran keterbatasan yang kita miliki sebagai manusia. Ada begitu banyak hal yang tidak pasti bagi kita, ada begitu banyak misteri dalam hidup ini yang tidak kita mengerti, ada begitu banyak hal yang kita tidak tahu, dan ada begitu banyak urusan yang tidak berada dalam kendali kita. Singkatnya, lantaran keterbatasan dan kelemahan yang kita miliki itulah yang menjadi sebab kita selalu dihinggapi perasaan takut dan khawatir.

Meskipun rasa takut dan khawatir adalah perasaan negatif yang harus kita hindari dan singkirkan dari diri ... Read more »

Category: Tata Jiwa | Views: 780 | Added by: edy | Date: 2012-07-29 | Comments (0)

Hidup ini penuh dengan pilihan. Setiap saat dan waktu kita senantiasa dihadapkan kepada sebuah pilihan yang harus kita ambil dan setiap pilihan yang kita buat tersebut tentulah mempunyai konsekwensi tersendiri terhadap diri dan hidup kita. Pilihan yang baik dan benar akan memberikan dampak yang positif dan pilihan yang salah akan memberikan dampak yang negatif. Hal ini menuntut kita untuk menjadi bijak dan semakin bijak hari demi hari agar pilihan demi pilihan yang kita buat dalam hidup kita merupakan pilihan yang terbaik. Karena dapat dikatakan bahwa keberhasilan hidup seseorang adalah sangat ditentukan dari keberhasilannya memilih yang baik dari setiap pilihan yang dihadapkan kepadanya dalam kehidupan. 

Tidak mudahnya bagi mansuia untuk memutuskan pilihan terbaik yang harus diambilnya adalah dikarenakan dalam memutuskan sebuah pilihan manusia tidak hanya menggunakan satu instrumen tuggal. Manusia diberikan akal oleh S ... Read more »

Category: Tata Jiwa | Views: 651 | Added by: edy | Date: 2012-06-28 | Comments (0)