Home » Management
Terciptanya ketertiban dan terbangunnya keteraturan dalam lingkungan kerja atau perusahaan tentu adalah hal pokok yang diharapkan dan menjadi tujuan dari manajemen yang diselenggarakan dalam sebuah perusahaan. Namun tentu saja mewujudkan hal tersebut bukanlah sebuah pekerjaan yang sederhana; terlebih lagi jika jumlah orang yang harus dikelola tergolong tidak sedikit. Ketertiban dan keteraturan tentu bukanlah hal yang dapat terwujud begitu saja dengan sendirinya. Diperlukan langkah-langkah dan manuver-manuver pengelolaan yang terukur untuk dapat mewujudkannya. Dimana secara garis besar ada tiga hal pokok yang harus dikerjakan untuk mewujudkan ketertiban dan keteraturan di dalam perusahaan. Yang pertama adalah membangun seperangkat peraturan yang jelas dan lengkap.  Yang kedua adalah membentuk kesadaran para karyawan terhadap nilai-nilai. Dan yang ketiga adalah pendisiplinan dan penegakan aturan-aturan tersebut. Ketiga hal tersebut adalah satu kesatuan langkah yang saling ... Read more »
Category: Management | Views: 1329 | Added by: edy | Date: 2013-07-23 | Comments (0)

Masaaki Imai mengatakan: "Tidak ada kemajuan bila kita selalu mengerjakan segala sesuatu dengan cara yang sama".

Apa yang Masaaki Imai katakan tersebut, itulah filosopi dari Kaizen yang merupakan konsep tunggal manajemen Jepang dan telah menjadi kunci sukses Jepang. Kaizen berasal dari kata Kai yang berati berubah dan kata Zen yang berarti baik.  Kaizen berarti melakukan penyempurnaan terus menerus dan berkesinambungan untuk menjadi lebih baik dengan melibatkan seluruh organisasi.

Perkataan yang mengatakan bahwa efektifitas berarti menyederhanakan proses sekaligus meningkatkan produktifitas dan hasil, juga merupakan sebuah konsep yang sejalan dengan prinsip-prinsip Kaizen. Dan berlandaskan pada pemahaman seperti inilah sebuah perusahaan harus dibangun dan ditumbuhkembangkan. Seberapapun bagusnya kondisi dan pencapaian subuah perusahaan, langkah penyempurnaan haruslah terus dilakukan, lagi dan lagi. Hal ini dikarenakan tuntutan kesempurnaan dari ke waktu tentulah akan berbeda. Apa yang telah diangga ... Read more »

Category: Management | Views: 817 | Added by: edy | Date: 2013-07-12 | Comments (0)

Mengelola manusia memang bukanlah sebuah pekerjaan sederhana. Untuk berhasil dalam hal ini kita perlu didukung oleh sebuah pengetahuan dan pemahaman yang mencukupi tentang seperti apa dan bagaimana manusia tersebut. Kegiatan mengelola manusia adalah kegiatan yang bermuara pada tebentuknya sikap dan sifat sebagaimana kita harapkan dari orang-orang yang kita kelola. Ada empat macam feedback yang dapat muncul dari kegiatan pengelolaan yang kita lakukan. Yang pertama dan yang merupakan harapan dari setiap orang pengelola dari orang-orang yang dikelolanya adalah sikap mendukung dengan segenap jiwa. Yang kedua setingkat dibawah dari itu adalah sikap bersedia mengikuti aturan. Yang ketiga yang lebih rendah lagi dari yang sebelumnya adalah sikap menurut tapi tidak loyal. Dan yang keempat yang merupakan sikap yang paling tidak diharapkan terjadi adalah sikap memberontak.

Adalah bukan sebuah perkara mudah tentunya untuk membentuk dan membin ... Read more »

Category: Management | Views: 1217 | Added by: edy | Date: 2013-07-12 | Comments (0)

Akar dari segala perbuatan adalah niat. Niat mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadapat seperti apa bentuk perbuatan dan hasil dari perbuatan tersebut. Dapat dikatakan perkerjaan-perkerjaan besar dan karya-karya besar adalah refleksi atau gambaran langsung dari niat pelakunya. Dan dapat dipastikan tidak ada satupun karya besar yang pernah tercipta di muka bumi ini yang tidak berakar dari sebuah niat yang kuat dan besar pula. Secara sederhana niat dapat kita artikan sebagai alasan yang mendasari seseorang melakukan pekerjaan. Untuk apa dan karena apa seseorang melakukannya? Dan berdasarkan ini, dalam dunia kerja, alasan seseorang menjalani sebuah pekerjaan dapat dibagi menjadi tiga tingkatan. Ada orang yang bekerja dengan menjadikan upah sebagai alasan utamanya, ada orang yang berkerja dengan menjadikan prestasi sebagai alasan utamanya, dan ada juga orang yang bekerja dengan menjadikan pemenuhan batin atau pemenuhan panggilan jiwa sebagai alasan utamanya. 

Orang-orang yang bekerja denga ... Read more »

Category: Management | Views: 728 | Added by: edy | Date: 2013-07-10 | Comments (0)