Home » News archive
Segala sesuatu tentu mempunyai nilainya sendiri. Dan nilai segala sesuatu sangatlah relatif. Sangat bergantung kepada kita yang menilai. Menjadi relatifnya nilai sesuatu adalah karena setiap kita memiliki standar yang berbeda-beda dalam menilai. Dan karena dari itulah sesuatu yg dipandang sangat tinggi nilainya bagi seseorang, sangat mungkin menjadi sangat rendah nilainya bagi yang lain. Satu hal yang penting mengenai hal ini adalah bahwa kita harus tahu betul bahwa kita sangat mungkin salah dalam memberi nilai terhadap segala sesuatu yang ada. Dan tentu saja kesalahan kita dalam menilai akan sangat memberi pengaruh kepada diri dan kehidupan kita. Nilai yang kita tetapkan atas sesuatu, akan sangat mempengaruhi sikap kita terhadapnya. Jika sesuatu yang sangat rendah nilai sebenarnya, tapi kemudian karena kelemahan akal dan hati kita membuatnya bernilai tinggi bagi kita, tentu saja hal itu akan sangat buruk akibatnya bagi kita. Kita tahu apapun yang yang kita pandang bernilai tinggi, ia akan menjadi bagian dari kepingan hati kita. Ia akan mempengaruhi ... Read more »
Category: Tata Jiwa | Views: 760 | Added by: edy | Date: 2013-06-13 | Comments (0)

Iri dan dengki adalah sifat yang berbahaya dan sangat merusak. Karena jika seseorang telah terjangkit sifat ini ia dapat kehilangan akal sehatnya. Ia akan dikuasi oleh nafsunya atau lebih tepatnya terjangkitnya seseorang oleh sifat iri dan dengki adalah indikator nyata dari dikuasinya seseorang oleh hawa nafsunya. Oleh egonya.  

Iri dan dengki telah menjadi penyebab banyak kekacauan dalam kehidupan umat manusia. Kisah dua anak Adam; Habil dan Khabil, adalah salah satu contoh bagaimana iri dan dengki menghancurkan hubungan persaudaraan. Bagaimana iri dan dengki telah menutup akal Khabil dan melahirkan kejahatan. Bagaimana iri dan dengki telah merusak dan mengorbankan kehidupan orang lain dan tatanan hidup yang ada. Kisah Yusuf bin Yakub adalah salah satu contoh lain dari bagaimana daya rusak dari iri dan dengki tersebut. Iri dan dengki telah mendorong para saudara Yusuf berkomplot untuk membunuh Yusuf. Menceburkan Yusuf ke dalam sumur dan meninggalkannya begitu saja tanpa belas kasih. Iri dan dengan benar-benar berbahaya bagi kemanusiaan. Saking berbahayanya ... Read more »

Category: 6000 - 5000 SM | Views: 965 | Added by: edy | Date: 2013-06-12 | Comments (0)

 

9 ZULHIJJAH TAHUN 10 HIJRAH, DI LEMBAH URANAH, GUNUNG ‘ARAFAH "Wahai manusia dengarlah baik-baik apa yang hendak ku katakan !!! Aku tidak mengetahui apakah aku dapat bertemu lagi dengan kamu semua selepas tahun ini. Oleh itu dengarlah dengan teliti kata-kataku ini dan sampaikanlah ia kepada orang-orang yang tidak dapat hadir di sini pada hari ini.

Wahai manusia, sepertimana kamu menganggap bulan ini dan kota ini sebagai suci maka anggaplah jiwa dan harta setiap orang Muslim sebagai amanah suci. Kembalikan harta yang diamanahkan kepada kamu kepada pemiliknya yang berhak.

Janganlah kamu sakiti sesiapa pun agar orang lain tidak menyakiti kamu pula. Ingatlah bahwa sesungguhnya kamu akan menemui Tuhan kamu dan Dia pasti akan membuat perhitungan atas segala amalan kamu. Allah telah mengharamkan riba’, oleh itu segala urusan yang melibatkan riba’ hendaklah dibatalkan mulai sekarang.

Berwaspadalah ... Read more »

Category: Uncategory | Views: 756 | Added by: edy | Date: 2013-04-18 | Comments (0)

Big Bang adalah sebuah ledakan besar yang telah disepakati dan diyakini oleh para ilmuan sebagai titik awal penciptaan alam semesta. Dimana melalui teori tersebut diketahui bahwa alam semesta dan seluruh isinya ini berawal dari ketiadaan. Dari sebuah titik yang bervolume nol. Dan melalui ilmu pengetahuan pula dibuktikan kepada kita bahwa ada satu kecerdasan maha dasyat yang memulai penciptaan alam semesta ini dan mengatur serta mengendalikan pergerakan dan pertumbuhannya. Alam semesta ini tidaklah terjadi dan terbentuk secara kebetulan, melainkan dalam sebuah rancangan maha cerdas dan bergerak patuh mengikuti rancangan tersebut. Kekuatan Maha Dasyat yang kendalinya mutlak dan tak terbagi atas alam semesta ini kita biasa menyebutnya dengan sebutan Tuhan. Yang melalui para nabi dan Kitab Suci, kita mengenal Dia dengan nama Allah. Allah-lah Tuhan semesta alam ini. Allahlah Tuhan yang menguasai secara mutlak serta mengendalikan sepenuhnya alam semesta ini. Tiada Tuhan selain Dia, dan tiada kekuatan melainkan sepenuhnya ada dalam genggaman-Nya.

... Read more »
Category: 6000 - 5000 SM | Views: 841 | Added by: edy | Date: 2013-04-15 | Comments (0)

Mempelajari konsep tentang Tuhan dari berbagai agama adalah hal yang sangat menarik. Dengan memperlajari konsep Tuhan dari berbagai agama yang ada akan memperkaya wawasan dan melengkapi pengertian kita tentang Tuhan; yang tentunya akan dapat memperbaharui sikap kita terhadap Tuhan, kehidupan, dan juga diri kita sendiri.

Dalam agama-agama yang hadir di Indonesia seperti Islam, Kristen, Hindu dan Budha, secara sepintas akan nampak sangat berbeda dalam memahami Tuhan. Namun jika kita perhatikan secara mendalam, kita tetap dapat melihat benang merah yang mengarahkan kita pada kesimpulan bahwa konsep Tuhan yang dimiliki oleh masing-masing agama sesungguhnya mengarah dan bertemu pada sebuah titik pengertian yang sama. 

Agama Islam memandang bahwa Tuhan itu pencipta, pemilik dan penguasa segala sesuatu. Tuhan memiliki kuasa mutlak dan tak terbagi. Tidak ada satu kejadian pun dalam kehidupan ini yang terjadi di luar kendali-Nya. Dia adalah penentu segalanya. Dia menetapkan hukum-hukum kehidupan untuk manusia; dimana keselamatan dan keamanan manusia sangat tergantung dari kepatuhan manusia terhadap hukum-hukum tersebut.

Dalam agama kristen yang memiliki akar ajaran y ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 847 | Added by: edy | Date: 2013-01-08 | Comments (0)

Conference of The New Emerging Forces (CONEFO) merupakan gagasan Presiden Soekarno untuk membentuk suatu kekuatan blok baru yang beranggotakan negara-negara berkembang untuk menyaingi 2 kekuatan blok sebelumnya (Blok Uni Soviet dan Blok Amerikat Serikat). Untuk keperluan tersebut dibangun suatu kompleks gedung dekat Gelora Senayan yang mendapat bantuan antara lain dari Cina (RRC). Konferensi tersebut belum sempat diselenggarakan dan bangunannya sekarang dipergunakan sebagai Gedung DPR/MPR.

Gedung parlemen yang ada sekarang, dulu dibangun untuk menyongsong perhelatan Conefo (Conference of the New Emerging Forces), kekuatan negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin dan negara-negara kapitalis yang sealiran, untuk menandingi hegemoni PBB. Terlebih bahwa PBB sebagai wadah bangsa-bangsa, selalu dan melulu dikuasai dua negara adi daya (ketika itu) Amerika Serikat dan Uni Soviet. Bung Karno memandang perlu ada wadah alternatif.

Proyek Conefo sama sekali bukan mercu suar dalam pengertian negatif. Dia benar-benar proyek yang dilandaskan pada filosofi tinggi tentang h ... Read more »
Category: Seputar Bung Karno | Views: 841 | Added by: edy | Date: 2012-12-26 | Comments (0)

Pidato Presiden Republik Indonesia 
di muka Sidang Umum P B.B. ke-XV
tanggal 30 September 1960

*) Disalin dalam EYD dari : Pedoman-Pedoman Pelaksanaan Manifesto Politik Republik 
Indonesia Penerbitan khusus, Jakarta, Departemen Penerangan RI,1960.

MEMBANGUN DUNIA KEMBALI
Pidato Presiden Republik Indonesia
Dimuka Sidang Umum P.B.B. ke - XV
tanggal 30 September 1960

Tuan Ketua, Para Yang Mulia, Para Utusan dan Wakil yang terhormat, Hari ini, dalam mengucapkan pidato kepada Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, saya merasa tertekan oleh suatu rasa tanggung-jawab yang besar. Saya merasa rendah hati berbicara dihadapan rapat agung daripada negarawan-negarawan yang bijaksana dan berpengalaman dari timur dan barat, dari utara dan dari selatan, dari bangsa-bangsa tua dan dari bangsa-bangsa muda dan dari bangsa-bangsa yang baru bangkit kembali dari tidur yang lama. Saya telah memanjatkan do'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar lidah saya dapat menemukan kata-kata yang tepat u ... Read more »
Category: Pidato Bung Karno | Views: 791 | Added by: edy | Date: 2012-12-20 | Comments (0)

Oleh: Dalai lama

Secara umum, kita manusia adalah hewan sosial. Tidak peduli siapa orang itu, ketahanan hidupnya bergantung pada manusia lain. Karena ketahanan hidup dan kesejahteraan seseorang bergantung pada masyarakat, kebutuhan untuk memikirkan kesejahteraan orang lain dan kepedulian tentangnya berasal dari sifat mendasar diri kita sendiri. Jika kita melihat babon monyet besar misalnya, babon yang tua memegang tanggung jawab penuh akan kawanannya. Saat yang lain makan, babon jantan tua selalu di samping mereka, mengawasi.

Makhluk yang lebih kuat membantu menjaga anggota kelompoknya demi kebaikan masyarakat. Di masa prasejarah, manusia tidak memiliki pendidikan atau teknologi. Masyarakat manusia yang mendasar ini sangat sederhana, tiap orang bekerja dan berbagi bersama. Penganut komunis berkata bahwa ini adalah komunisme asli... setiap orang bekerja dan menikmati bersama. Lalu, akhirnya, pendidikan berkembang dan kita mengalami peradaban… Cita manusia menjadi lebih rumit dan keserakahan berkembang. Ini membawa kecemburuan da ... Read more »

Category: 6000 - 5000 SM | Views: 796 | Added by: edy | Date: 2012-12-20 | Comments (0)

Mungkin dapat disebut pasti bahwa agama-agama yang ada hari ini, dalam sejarah perjalanannya dan dalam rentan waktu yang panjang yang dilaluinya itu, telah banyak menanamkan kepada para pengikutnya pemahaman-pemahaman yang dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap agama yang dianutnya. Dan tentu saja kita dapat menganggap sebagai sebuah kewajaran jika sebuah agama menanamkan dan menumbuhkembangkan rasa cinta dan rasa bangga para pengikutnya atas agama yang dianutnya itu. Bahkan jika suatu agama demi untuk mempertahankan loyalitas para penganutnya, kemudian menanamkan bahwa ajaran agama tersebut adalah satu-satu jalan yang menyelamatkan dan bahwa ajaran agamanya adalah ajaran terbaik, itu pun merupakan hal masih dapat kita maklumi. Namun walaupun hal-hal tersebut dapat dipandang sebagai sebuah kewajaran yang telah terjadi di masa-masa sebelum ini, tumbuhnya sikap-sikap eksklusifisme di kalangan para pemeluk agama adalah sebuah akibat negatif yang mesti menjadi perhatian serius setiap agama saat ini. 

Tidak harmonisnya hubungan antar uma ... Read more »
Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 760 | Added by: edy | Date: 2012-11-01 | Comments (0)

Berikut ini adalah ayat-ayat dari kitab suci berbagai agama tentang persatuan:

"Bahá'u 'lláh berkata, "Bumi hanyalah satu negara dan umat manusia adalah warganya," dan bahwa, sebagaimana diramalkan dalam semua kitab suci masa lalu, sekarang adalah saatnya bagi umat manusia untuk hidup dalam kesatuan."


"‎1 Petrus 1:22 Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu."

"Oleh karena itu, Kami tetapkan bagi Bani Israil, bahwa barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.. ” (QS. Al Maidah: 32)"

"Digha Nikaya I, 73 – Karaniyametta Sutta:
Bagaikan seorang ibu yang melindungi anaknya yang tunggal, sekalipun mengorbankan kehidupannya; demikian juga seha ... Read more »
Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 970 | Added by: edy | Date: 2012-08-23 | Comments (0)

« 1 2 ... 13 14 15 16 17 ... 20 21 »