Home » Seputar Agama
Mempelajari konsep tentang Tuhan dari berbagai agama adalah hal yang sangat menarik. Dengan memperlajari konsep Tuhan dari berbagai agama yang ada akan memperkaya wawasan dan melengkapi pengertian kita tentang Tuhan; yang tentunya akan dapat memperbaharui sikap kita terhadap Tuhan, kehidupan, dan juga diri kita sendiri.

Dalam agama-agama yang hadir di Indonesia seperti Islam, Kristen, Hindu dan Budha, secara sepintas akan nampak sangat berbeda dalam memahami Tuhan. Namun jika kita perhatikan secara mendalam, kita tetap dapat melihat benang merah yang mengarahkan kita pada kesimpulan bahwa konsep Tuhan yang dimiliki oleh masing-masing agama sesungguhnya mengarah dan bertemu pada sebuah titik pengertian yang sama. 

Agama Islam memandang bahwa Tuhan itu pencipta, pemilik dan penguasa segala sesuatu. Tuhan memiliki kuasa mutlak dan tak terbagi. Tidak ada satu kejadian pun dalam kehidupan ini yang terjadi di luar kendali-Nya. Dia adalah penentu segalanya. Dia menetapkan hukum-hukum kehidupan untuk manusia; dimana keselamatan dan keamanan manusia sangat tergantung dari kepatuhan manusia terhadap hukum-hukum tersebut.

Dalam agama kristen yang memiliki akar ajaran y ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 842 | Added by: edy | Date: 2013-01-08 | Comments (0)

Entah siapa yang membuat gambar ini yang jelas dari sekian banyak perlambangan yang bertema persatuan dan kesatuan agama-agama yang pernah saya lihat, menurut saya gambar ini adalah salah satu gambar yang sangat mengena untuk menjelaskan mengapa agama-agama yang ada harus bersinergi.

"Ada sejuta kata dan cerita dalam sebuah gambar" adalah kalimat yang sudah tidak asing tentunya buat kita. Hal ini tentu berlaku juga terhadap gambar yang satu ini. Setiap orang tentu akan mempunyai penafsirnya masing-masing yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lainnya. Yang mana dalam pengelihatan saya, gambar ini berusaha mengungkapkan sebuah permakluman kepada agama-agama yang ada di dunia ini hari ini untuk mengakui bahwa setiap agama mempunyai keistimewaannya masing-masing. Mereka mempunyai corak dan karakteristiknya tersendiri yang unik, yang keunikan dan keistimewaan dalam satu agama tertentu tidak dimiliki oleh agama yang lainnya. Dan kenyataan itu membuat mereka diharuskan BERSINERGI untuk dapat membangun s ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 719 | Added by: edy | Date: 2012-08-20 | Comments (0)

Terlepas dari benar-salahnya penafsiran mereka, kita mendapati bahwa ada banyak dari para penulis yang menyampaikan dan berusaha membuktikan bahwa ramalan kedatangan Nabi Muhamad telah ada tertulis di dalam kitab-kitab non-Muslim sebelum kedatangan beliau. Ramalan kedatangan tersebut ada tertulis dalam Taurat, ada tertulis dalam Injil, dan juga ada tertulis dalam kitab-kitab agama Hindu dan Budha. Sebagai seorang Muslim, menjadi sebuah kebanggan tersendiri tentunya mendapati bahwa nabi kita ternyata telah diramalkan kedatangannya jauh-jauh hari oleh kitab-kitab dari agama lain. Kenyataan ini membuat kita merasa dan beranggapan bahwa betapa hebatnya agama kita dan betapa luar biasanya nabi kita; hingga kedatangan dan kehadirannya telah dinubuatkan di dalam kitab sebelumnya. Perasaan-perasaan yang demikian tentu manusiawi dan wajar. Namun hal itu jangan sampai membuat kita lalai untuk menimbang dan bertanya: bagaimana bisa kitab-kitab tersebut memuat ramalan tentang kedatangan nabi kita? Siapa yang menginspirasi para penulis kitab tersebut? 

Lalai terkadang kita u ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 705 | Added by: edy | Date: 2012-07-02 | Comments (0)

Ya Tuhan Yang Maha Pengasih! Engkau telah menjadikan semua manusia dari keturunan yang sama. Engkau telah mentakdirkan bahwa semuanya sekeluarga. Di Hadirat-Mu Yang Suci mereka itu hamba-Mu semuanya, dan sekalian manusia berlindung di bawah Kemah Kemurahan-Mu; semuanya berkumpul di sekeliling Meja Kedermawanan-Mu; semuanya diterangi oleh cahaya Kurnia-Mu.

Ya Tuhan! Engkau kasih pada semua orang. Engkau telah memelihara semuanya, melindungi semuanya, menghidupkan semuanya. Engkau telah mengkurniai setiap hamba-Mu dengan bakat dan kesanggupan dan semuanya diliputi samudera rahmat-Mu. Ya Engkau, Tuhan Yang Maha Dermawan! Satukanlah mereka itu semuanya! Jadikanlah Agama bersatu semuanya dan jadikanlah semua bangsa satu bangsa, agar mereka itu dapat melihat satu sama lain, sebagai satu keluarga dan seluruh dunia sebagai satu tanah air. Semoga mereka itu dapat hidup bersama dalam kerukunan dan kesatuan sepenuhnya.

Ya Tuhan! Kibarkanlah panji panji kesatuan manusia. Ya Tuhan! Dirikanlah Perdamaian Yang Maha Agung. Perkuatlah, ya Tuhan, semua hati orang dalam kesatuan. Ya Engkau ... Read more »
Category: Seputar Agama | Views: 800 | Added by: edy | Date: 2012-01-31 | Comments (0)

Beberapa Kutipan

"Perbaikan dunia dapat tercapai melalui perbuatan-perbuatan yang murni dan baik, melalui tingkah laku yang terpuji dan pantas.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Perbuatanlah yang menjadi perhiasanmu, bukan perkataan.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Kejujuran dalam berbicara adalah dasar dari segala kebajikan manusia.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"…bergunjing memadamkan cahaya hati, dan mematikan kehidupan roh.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Anggaplah manusia sebagai tambang yang kaya dengan permata-permata yang tak ternilai harganya. Hanya pendidikanlah yang dapat mengeluarkan harta kekayaannya, dan memungkinkan umat manusia mendapatkan keuntungan darinya.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Engkau adalah buah-buah dari satu pohon, dan daun-daun dari satu cabang.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Begitu kuatnya cahaya persatuan, sehingga seluruh bumi dapat diteranginya.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Bergaullah dengan para pengikut semua agama dalam semangat persahabatan dan persatuan.” (Tulisan Suci Bahá’í)

"Wahai putra manusia! Aku mencintai kejadianmu, oleh karena itu aku menjadikan dikau. Maka, cintailah Daku agar Aku dapat menyebut namamu dan mengisi jiwamu ... Read more »
Category: Seputar Agama | Views: 726 | Added by: edy | Date: 2012-01-31 | Comments (0)

Keyakinan Agama Bahá'í pada Tuhan Yang Maha Esa berarti bahwa alam semesta dan semua makhluk serta segala kekuatan yang ada di dalamnya telah diciptakan oleh satu Wujud supernatural yang tunggal.

Berbagai sebutan seperti Tuhan, Allah, Yahweh, dan Brahma semuanya merujuk pada Satu Wujud Ilahi, yang sifat-Nya tidak bisa diketahui dan dipahami oleh manusia.

Kita belajar tentang Tuhan melalui para Utusan-Nya, yang mengajar dan membimbing umat manusia.
Category: Seputar Agama | Views: 709 | Added by: edy | Date: 2012-01-31 | Comments (0)

Apakah perdamaian akan dicapai hanya setelah kengerian-kengerian yang tak terbayangkan yang disebabkan sikap keras kepala manusia untuk tetap berpegang teguh pada pola tingkah laku yang lama, ataukah sekarang perdamaian itu akan diraih melalui suatu tindakan nyata dari permusyawarahan, inilah pilihan bagi semua yang mendiami bumi.

Masyarakat Bahá’í percaya bahwa umat manusia dapat menghadapi cobaan besar ini dengan keyakinan akan hasil akhirnya yang baik.
Category: Seputar Agama | Views: 702 | Added by: edy | Date: 2012-01-31 | Comments (0)

Ketika seorang Bahá'í mengatakan bahwa semua agama adalah satu, itu tidak berarti bahwa semua keyakinan dan masyarakatnya adalah sama.

Melainkan, dia meyakini bahwa Tuhan telah mengungkapkan Diri-Nya melalui serangkaian Utusan Ilahi, yang tujuannya adalah untuk membimbing dan mendidik umat manusia.

Mereka semua adalah ungkapan dari tujuan Ilahi yang tunggal, "Inilah Agama Allah yang tak berubah-ubah, abadi pada masa lampau, kekal pada masa yang akan datang."
Category: Seputar Agama | Views: 735 | Added by: edy | Date: 2012-01-31 | Comments (0)

Persoalan utama yang harus dipecahkan adalah bagaimana dunia sekarang, dengan kebiasaan konfliknya yang sudah mengakar, dapat berubah menjadi dunia di mana keselarasan dan kerja sama akan menonjol.

Tata tertib dunia hanya dapat didirikan di atas kesadaran teguh tentang kesatuan umat manusia, suatu kebenaran rohani yang didukung oleh semua ilmu pengetahuan manusia. Antropologi, fisiologi dan psikologi mengakui hanya ada satu spesies manusia saja, walaupun manusia sangat beragam dalam aspek-aspek kehidupan yang sekunder. Pengakuan atas kebenaran ini mengharuskan kita untuk meninggalkan segala jenis prasangka, yaitu prasangka terhadap ras, kelas sosial, warna kulit, kepercayaan, bangsa, jenis kelamin, taraf peradaban materiil — segala hal yang menyebabkan orang-orang dapat menganggap dirinya lebih tinggi daripada yang lain.

Pengakuan atas kesatuan umat manusia adalah prasyarat mendasar yang pertama untuk reorganisasi dan administrasi dunia sebagai satu negara, yaitu tanah air umat manusia. Pengakuan universal atas asas spiritual ini, sangatlah penting demi berhasilnya semua usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Oleh sebab itu, seyogyanya hal tersebut diumumkan ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 728 | Added by: edy | Date: 2012-01-31 | Comments (0)

DHASA SHILA
(Tale of Sutasoma, ayat 304-310)

1. Aja Sira Anlarani Hati Nin Non
do not injure the minds of the people
Jangan Menyakiti Perasaan Orang Lain

2. Ajaamidanda Tan Sabenere
do not unjustly inflict punishment
Janganlah menjatuhkan hukuman yang tidak adil

3. Ajaamalat Duwe Nin Wadwa Nira
do not appropriate your men's possessions
Janganlah menjarah harta rakyatmu

4. Aja Tan Asih In daridra
do not withhold your favour from the poor
Janganlah menunda kebaikan terhadap mereka yang kurang beruntung

5. Luluta Rin Pandita
be devoted to learned men
Mengabdilah pada mereka yang sadar

6. Aja Sira Katungkul Ing Kagunan, Amujya Nabhaktya
do not rely on your greatness, though people may honor you and pay you homage
Janganlah menjadi sombong, walau banyak orang menghormatimu

7. Aja Memateni Yen Tan Sabenere
Do not put people to death, but a just reason
Janganlah menjatuhkan hukuman mati, kecuali menjadi tuntutan keadilan

8. Uttama Si Yen Sira Akalisa Rin Pati,
Indeed, it will be best i ... Read more »

Category: Seputar Agama | Views: 723 | Added by: edy | Date: 2012-01-18 | Comments (0)