Home » 2012 » December » 20
Pidato Presiden Republik Indonesia 
di muka Sidang Umum P B.B. ke-XV
tanggal 30 September 1960

*) Disalin dalam EYD dari : Pedoman-Pedoman Pelaksanaan Manifesto Politik Republik 
Indonesia Penerbitan khusus, Jakarta, Departemen Penerangan RI,1960.

MEMBANGUN DUNIA KEMBALI
Pidato Presiden Republik Indonesia
Dimuka Sidang Umum P.B.B. ke - XV
tanggal 30 September 1960

Tuan Ketua, Para Yang Mulia, Para Utusan dan Wakil yang terhormat, Hari ini, dalam mengucapkan pidato kepada Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, saya merasa tertekan oleh suatu rasa tanggung-jawab yang besar. Saya merasa rendah hati berbicara dihadapan rapat agung daripada negarawan-negarawan yang bijaksana dan berpengalaman dari timur dan barat, dari utara dan dari selatan, dari bangsa-bangsa tua dan dari bangsa-bangsa muda dan dari bangsa-bangsa yang baru bangkit kembali dari tidur yang lama. Saya telah memanjatkan do'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar lidah saya dapat menemukan kata-kata yang tepat u ... Read more »
Category: Pidato Bung Karno | Views: 788 | Added by: edy | Date: 2012-12-20 | Comments (0)

Oleh: Dalai lama

Secara umum, kita manusia adalah hewan sosial. Tidak peduli siapa orang itu, ketahanan hidupnya bergantung pada manusia lain. Karena ketahanan hidup dan kesejahteraan seseorang bergantung pada masyarakat, kebutuhan untuk memikirkan kesejahteraan orang lain dan kepedulian tentangnya berasal dari sifat mendasar diri kita sendiri. Jika kita melihat babon monyet besar misalnya, babon yang tua memegang tanggung jawab penuh akan kawanannya. Saat yang lain makan, babon jantan tua selalu di samping mereka, mengawasi.

Makhluk yang lebih kuat membantu menjaga anggota kelompoknya demi kebaikan masyarakat. Di masa prasejarah, manusia tidak memiliki pendidikan atau teknologi. Masyarakat manusia yang mendasar ini sangat sederhana, tiap orang bekerja dan berbagi bersama. Penganut komunis berkata bahwa ini adalah komunisme asli... setiap orang bekerja dan menikmati bersama. Lalu, akhirnya, pendidikan berkembang dan kita mengalami peradaban… Cita manusia menjadi lebih rumit dan keserakahan berkembang. Ini membawa kecemburuan da ... Read more »

Category: 6000 - 5000 SM | Views: 791 | Added by: edy | Date: 2012-12-20 | Comments (0)