Home » 2014 » March » 13 » Nyanyian Saraha
1:35 PM
Nyanyian Saraha
Buddha mengatakan: Kasih sayang itu bagus hanya ketika ia mengikuti kesadaran (awareness), jika tidak begitu kasih sayang itu tidak bagus. Kasih sayang tanpa kesadaran itu berbahaya, dan kesadaran tanpa kasih sayang itu adalah mementingkan diri sendiri. Oleh karena itu Buddha berkata: Seorang Buddha yang sempurna akan memiliki keduanya – kesadaran dan kasih sayang. Jika engkau menjadi sadar dan engkau melupakan orang lain dan engkau berkata, "Kenapa aku harus perduli? Sekarang aku bahagia,” engkau menutup matamu, engkau tidak membantu yang lain, engkau tidak membantu yang lain untuk menjadi sadar, maka engkau adalah orang yang mementingkan diri sendiri, artinya ego yang dalam masih ada.
 
Kesadaran membunuh setengah dari ego, dan setengah bagian yang lainnya dibunuh oleh kasih sayang. Diantara dua ini (kesadaran dan kasih sayang), ego benar-benar dihancurkan. Dan ketika seseorang telah menjadi tanpa diri, tanpa "Aku” (no-self), ia telah menjadi Buddha.
 
Diambil dari: THE TANTRA VISION, Vol 1. (Ceramah OSHO tentang Nyanyian-Nyanyian Saraha- Talks on the Royal Song of Saraha). Chapter 3. This Honey is Yours. 
 
Buddha says: Compassion is good when it follows awareness, otherwise it is not good. Compassion without awareness is dangerous, and awareness without compassion is selfish. So Buddha says: A perfect Buddha will have both – awareness and compassion. If you become aware and you forget about others and you say, ”Why should I bother? Now I am happy,” you close your eyes, you don’t help others, you don’t help others to become aware – then you are selfish, then a deep ego still exists. 
 
Awareness kills half the ego, and the other half is killed by compassion. Between these two, the ego is utterly destroyed. And when a man has become a no-self, he has become a Buddha.
 
Taken from: THE TANTRA VISION, Vol 1. (Ceramah OSHO tentang Nyanyian-Nyanyian Saraha- Talks on the Royal Song of Saraha) Chapter 3. This Honey is Yours
Category: Paham Osho | Views: 697 | Added by: edy | Tags: osho, Kasih-Sayang, pencerahan, cinta, kesadaran, Budha | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
ComForm">
avatar