menu

12:23 PM
Inilah Alasan Mengapa Sebagian Orang Sulit untuk Berbahagia

Penelitian saat ini tentang apa yang membuat orang bahagia telah menemukan beberapa fakta menarik. Beberapa tujuan tertentu, seperti ingin menjadi kaya atau mendapatkan kenaikan gaji, ternyata tidak membuat banyak perbedaan dalam tingkat kebahagiaan seseorang. Secara umum kita bukanlah peramal yang baik tentang apa yang akan membuat kita bahagia di masa depan. Temuan lain cenderung menjadikan hal ini lebih suram dan merusak. Bidang baru yang disebut "psikologi positif” adalah bidang yang lebih baik untuk menghapus mitos dalam menciptakan dasar baru bagi kebahagiaan. Namun kebutuhan akan jenis baru dari kebahagiaan tumbuh setiap hari. Pasokan materi di dunia telah menipis namun miliaran lebih orang di Cina dan India semakin menginginkan materi. Ketika masyarakat tradisional hancur, munculnya materialisme ini mengisi vakum tersebut, sehingga lebih mungkin bahwa konsumerisme yang merajalela akan terus menyebar. Namun konsumerisme, meskipun menyediakan perbaikan sedikit pada kesenangan, adalah salah satu cara yang buruk untuk mencapai kebahagiaan abadi. Alasan lain kita membutuhkan jenis baru kebahagiaan ini adalah epidemi depresi dan kecemasan kita terhadap apa yang kita lihat di sekitar kita, dengan resep obat yang ditulis untuk melawan kondisi ini. Obat tersebut, meskipun disebut-sebut ampuh oleh farmasi besar, telah terbukti tidak efektif pada sekitar 50% kasus, dan dalam beberapa studi mereka tidak lebih efektif dan memberikan efek plasebo. Bagaimana kemudian kebahagiaan jenis baru ini tampak seperti? Tradisi kebijaksanaan di dunia semuanya menunjuk ke dalam.

Mereka menyatakan bahwa ada suatu tingkat pikiran yang berfungsi sebagai sumber kebahagiaan. Ketika seseorang memasuki diri inti didalam ini, ada kedamaian dan ketenangan. Dimana kita merasa aman dan diperhatikan. Cinta dan kebahagiaan yang telah tersedia adalah sebagai aspek normal dari kehidupan, bukan sebagai pengalaman intermiten yang datang secara acak. Saat ini, banyak pendukung psikologi positif tampaknya memandang bahwa kebahagiaan adalah peristiwa acak yang tidak bisa diandalkan, karena itu, kita harus meninggalkan ilusi kita tentang keadaan mencapai kebahagiaan permanen. Lebih lanjut ditegaskan bahwa kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan pengertian tentang "lebih
tinggi” tetapi berakar sepenuhnya dalam kimia otak. Seperti yang Anda lihat, jenis baru dari
kebahagiaan bisa sangat berbeda. Dan karena masyarakat kita telah menjadi konsumerisme dan kecanduan obat-obatan untuk setiap penyakit, jalan ke depan kemungkinan akan menjadi tidak lebih bahagia bahkan jika ilmu kedokteran menjanjikan bahwa jawabannya berada di sekitar kita.

 

Tradisi kebijaksanaan adalah tidak sama dengan agama. Bukan iman atau kasih karunia dari Tuhan yang dibutuhkan untuk menciptakan kebahagiaan, kebahagiaan dari dalam tidak bisa seorangpun yang dapat mengambilnya dari Anda. Itu adalah tujuan akhir, begitu Anda berada di inti diri Anda, peristiwa-peristiwa luar tidak dapat mempengaruhi kedamaian batin dan kepuasan Anda sendiri. Apakah Anda kembali ke jalan Socrates atau Buddha, ini adalah soal membuat pilihan jalan mana yang akan digunakan. Jalan pertama adalah jalan kesenangan. Bila Anda mengikutinya, Anda memaksimalkan hal yang menyenangkan dalam hidup Anda dan meminimalkan hal-hal yang menyakitkan. Meskipun setiap tradisi kebijaksanaan menekankan bahwa rasa sakit tidak dapat dihilangkan dari kehidupan dan kesenangan selalu bersifat sementara, jutaan orang memilih jalan ini. Pada akhirnya sebenarnya ini merupakan sumber penderitaan. Setiap pecandu obat dapat memberitahu Anda bahwa setelah tahap di mana obat pilihan mereka membawa mereka naik, ada periode selanjutnya dimana dosis obat yang digunakan tersebut hanya untuk mengusir rasa sakit. Bahkan jika obat Anda itu adalah mobil baru atau dessert yang manis, otak menjadi hanya digunakan untuk perbaikan yang lama, kita membutuhkan dosis yang lebih besar dan lebih besar lagi untuk mendapatkan bahkan sebagian kecil dari keinginan lama tersebut. (Ini juga yang dilakukan para pembuat video game, bahwa sensasi permainan akan cepat hilang, yang mengarah ke keinginan untuk sensasi lebih baru, permainan lebih menarik.)

Jalur lainnya disebut jalan kebijaksanaan, sesungguhnya bukan istilah yang terbaik, karena mengandung arti seolah-olah hanya kata kata yang diucapkan laki-laki tua dengan janggut putih panjang. Dalam bahasa Sansekerta ada istilah yang lebih baik, Vidya, yang berarti pengetahuan tetapi didefinisikan lebih kaya sebagai "cara untuk mencapai kebenaran” Dalam
hal kebahagiaan. Jalan Vidya mencakup pilihan-pilihan, nilai, dan keyakinan yang benar-benar berhasil dalam membuat kita bahagia. Jika anak-anak dapat dipandu dari usia dini, mereka dapat diajarkan untuk membuat pilihan tersebut. Sisanya kita harus melupakan dan memaafkan kesalahan masa lalu kita sebagai langkah pertama. Pilihan dan nilai-nilai jenis apa yang menghasilkan kebahagiaan sejati? 
 — Meditasi, yang membuka level yang lebih dalam dari pikiran. 
 — Tindakan yang membantu orang lain.
 — Hubungan Sosial yang mendukung keakraban dan ikatan.
 — Inspirasi melalui membaca tulisan suci dan puisi-puisi di dunia.
 — Menikmati keindahan alam.
 — Memiliki visi pemenuhan pribadi yang Anda ikuti setiap hari.
 — Bertujuan untuk kepuasan batin daripada pemenuhan keinginan eksternal.
 — Mengurangi stres.
 — Meluangkan waktu untuk refleksi.
 — Belajar untuk mencintai lingkungan Anda sendiri, menumbuhkan diri sebagai kondisi  Menjadi.
 — Menghindari kekerasan dan kemarahan dalam segala bentuknya.
 — Menyelesaikan konflik, baik dalam dan luar, daripada membiarkan mereka menjadi besar.
 — Memaafkan seseorang di masa lalu, yang berarti penyembuhan luka lama dan keluhan.
 — Memberikan kepercayaan pada musuh dan menghentikan pola berpikir kita-lawan-mereka.
 — Membudidayakan kasih dan kebaikan.
 — Menjadi jiwa yang murah hati, belajar untuk memberi.
 — Melihat diri Anda sebagai bagian dari kemanusiaan yang lebih besar, dan kemanusiaan itu sendiri sebagai ekspresi ilahi, meskipun kita memiliki kelemahan.

 

Hal ini mungkin tampak seperti daftar panjang, tetapi sekali Anda mulai berjalan di jalan Vidya, perspektif baru akan terbuka, dan segala sesuatu yang Anda pernah berpikir dan percaya mulai terlihat dalam cahaya baru ini. Ini masuk akal, karena mengejar kebahagiaan lama Anda "di luar sana” adalah benar-benar cara yang terbalik. Saya mendorong bidang psikologi untuk berpaling ke aspek-aspek positif dari diri di dalam. Tapi pola masyarakat saat ini hampir menyimpang dari arah yang sesungguhnya, yang menyebabkan gudang kebijaksanaan yang ada di dalam ini tetap terkunci, sampai kita membukanya.

Category: Uncategory | Views: 409 | Added by: edy | Tags: meditasi, spiritual, Deppak Chopra, kesadaran, bahagia | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar