9:09 AM
Animisme

Animisme adalah paham yang berakar pada kepercayaan kepada mahluk halus dan roh. Kata animisme berasal dari bahasa latin anima yang berarti roh. Animisme merupakan agama atau kepercayaan manusia pada masa primitif. Penganut animisme mempercayai bahwa roh atau mahluk halus mendiami benda-benda yang ada dibumi. Dan benda-benda tertu seperti pohon besar, batu besar, goa atau kawasan tertentu didiami oleh mahluk halus atau roh tertentu pula. Dalam paham animisme juga terdapat kepercayaan bahwa roh orang-orang yang telah mati itu tetap ada dan dapat mendiami benda-benda tertentu atau binatang. 

Para penganut animisme banyak menggantungkan keberuntungan hidupnya kepada roh-roh tersebut. Mereka percaya bahwa roh-roh yang mediami benda-benda atau tempat-tempat tertentu itu mempunyai kemampuan untuk menolong mereka dan roh-roh tersebut mempunyai kekuatan yang lebih besar dari mereka. Karenanya praktek utama dalam animisme adalah penyembahan terhadap benda-benda atau tempat-tempat tertentu yang diyakini didiami oleh roh-roh.

Animisme ini tentu merupakan bagian dari perjalanan evolusi manusia dalam mengenali kedudukannya di muka bumi ini. Pada masa itu manusia belum mengenal kekuatan Tunggal yang berkuasa atas semesta alam yang kita kenal dengan sebutan Tuhan sebagaimana hari ini. Namun mereka dapat merasakan melalui pengalaman-pengalaman hidup mereka, bahwa terdapat kekuatan lain di luar diri mereka. Kekuatan itu lebih besar dan lebih berkuasa dari mereka. Kekuatan itulah yang mereka kemudian mereka identikan sebagai roh. Roh-roh yang terbagi-bagi dan mendiami benda-benda yang karena kekuatannya itu mereka puja dan sembah.

Category: Uncategory | Views: 805 | Added by: edy | Tags: Kepercayaan, Isme, Animisme, Peradaban, manusia, agama | Rating: 2.0/1
Total comments: 0
avatar