Home » 2013 » July » 12
"Kita adalah budak dari kebiasaan kita" begitulah salah satu ungkapan yang menggambarkan bagaimana kuatnya daya kendali sebuah kebiasaan. Sebuah kebiasaan yang telah mendarah-daging dalam diri seseorang akan menjadi sebuah perangkat yang menggerkan seseorang dalam prilaku otomatis. Jika itu adalah seperangkat kebiasaan-kebiasaan yang baik, tentu tidaklah masalah dan bagus adanya. Tapi jika itu adalah seperangkat kebiasaan-kebiasaan buruk, maka tentulah akan menjadi sebuah masalah. Karena begitu melekatnya sebuah kebiasaan, sering kali diperlukan sebuah usaha yang tidak mudah untuk merubahnya.
 
Kebiasaan terbentuk akibat dari sebuah prilaku yang dikerjakan secara berulang-ulang dalam satu kurun waktu yang panjang, sehingga ia terekam dengan kuat di alam bawah sadar seseorang dan juga di dalam memori ototnya. Mylin adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komponen dari memori otot atau muscle memory yang terbentuk akibat dari sebuah prilaku yang berulang-ulang dan terus menerus. Itu ... Read more »
Category: Tata Jiwa | Views: 761 | Added by: edy | Date: 2013-07-12 | Comments (0)

Masaaki Imai mengatakan: "Tidak ada kemajuan bila kita selalu mengerjakan segala sesuatu dengan cara yang sama".

Apa yang Masaaki Imai katakan tersebut, itulah filosopi dari Kaizen yang merupakan konsep tunggal manajemen Jepang dan telah menjadi kunci sukses Jepang. Kaizen berasal dari kata Kai yang berati berubah dan kata Zen yang berarti baik.  Kaizen berarti melakukan penyempurnaan terus menerus dan berkesinambungan untuk menjadi lebih baik dengan melibatkan seluruh organisasi.

Perkataan yang mengatakan bahwa efektifitas berarti menyederhanakan proses sekaligus meningkatkan produktifitas dan hasil, juga merupakan sebuah konsep yang sejalan dengan prinsip-prinsip Kaizen. Dan berlandaskan pada pemahaman seperti inilah sebuah perusahaan harus dibangun dan ditumbuhkembangkan. Seberapapun bagusnya kondisi dan pencapaian subuah perusahaan, langkah penyempurnaan haruslah terus dilakukan, lagi dan lagi. Hal ini dikarenakan tuntutan kesempurnaan dari ke waktu tentulah akan berbeda. Apa yang telah diangga ... Read more »

Category: Management | Views: 819 | Added by: edy | Date: 2013-07-12 | Comments (0)

Mengelola manusia memang bukanlah sebuah pekerjaan sederhana. Untuk berhasil dalam hal ini kita perlu didukung oleh sebuah pengetahuan dan pemahaman yang mencukupi tentang seperti apa dan bagaimana manusia tersebut. Kegiatan mengelola manusia adalah kegiatan yang bermuara pada tebentuknya sikap dan sifat sebagaimana kita harapkan dari orang-orang yang kita kelola. Ada empat macam feedback yang dapat muncul dari kegiatan pengelolaan yang kita lakukan. Yang pertama dan yang merupakan harapan dari setiap orang pengelola dari orang-orang yang dikelolanya adalah sikap mendukung dengan segenap jiwa. Yang kedua setingkat dibawah dari itu adalah sikap bersedia mengikuti aturan. Yang ketiga yang lebih rendah lagi dari yang sebelumnya adalah sikap menurut tapi tidak loyal. Dan yang keempat yang merupakan sikap yang paling tidak diharapkan terjadi adalah sikap memberontak.

Adalah bukan sebuah perkara mudah tentunya untuk membentuk dan membin ... Read more »

Category: Management | Views: 1219 | Added by: edy | Date: 2013-07-12 | Comments (0)