Home » 2012 » July » 07

Swami Vivekananda: Aku menerima semua agama yang datang dari masa lalu, aku dapat beribadah bersama-sama mereka; memuja Tuhan dengan setiap orang diantara mereka, dalam bentuk apapun Tuhan dipuja. Aku bisa mendatangi masjid kaum Muslim; aku bisa memasuki gereja kaum Nasrani dan berlutut di depan Salib Yesus; Aku bisa memasuki bidara kaum Buddhis dan akan berlindung pada Buddha dan Hukumnya. Aku bisa pergi ke dalam hutan dan duduk bermeditasi bersama kaum Hindu, yang sedang berusaha menemukan Cahaya yang dapat menerangi hati setiap orang. 

Bukan saja bisa melakukan itu semua, aku pun bisa membuat hatiku tetap membuka diri pada segala sesuatu yang kelak datang di masa depan. Apakah kitab suci Tuhan sudah tamat? Ataukah masih terdapat wahyu yang sedang berlangsung? Sebuah kitab yang menakjubkan - segala pengungkapan spiritual dari dunia ini. Kitab Injil, Veda, Qur'an dan berbagai kitab-kitab suci lainnya terdiri dari begitu banyak halaman, dan masih terdapat jumlah halaman yang tidak terbatas yang belum dibuka. Aku akan membiarkannya terbuka bagi semua orang.

... Read more »
Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 765 | Added by: edy | Date: 2012-07-07 | Comments (0)

Dalam hal pelaksanaan prosesi pernikahan, apakah seseorang hendak melangsungkan prosesi pernikahannya dengan tradisi adat Jawa, dengan tradisi adat Sunda, dengan tradisi adat Betawi, dengan tradisi adat Bima, dengan tradisi adat Batak, dengan tradisi adat Aceh, dengan tradisi adat Padang, atau dengan tradisi adat daerah manapun, semuanya boleh dan syah. Selama ada aqad nikah di dalamnya dan selama ada ijab kabul dan persaksiaan.

Menurut hemat saya, dalam kasus prosesi pernikahan tersebut di atas, kita dapat menarik pengertian tentang Bhineka Tunggal Ika. Tentang bagaimana yang beraneka ragam tersebut, sesungguhnya hakikinya adalah satu. Dan tentang bagaimana yang satu itu sesungguhnya dapat mewujud dalam ragam bentuk dan nama.

Dan saya rasa hal yang demikian itu juga berlaku dalam keragaman tradisi agama. Hemat saya, dengan tradisi agama manapun kita menyembah-Nya, kita memuji-Nya, mengagungkan-Nya, hal itu adalah boleh dan syah. Sejauh itu membuat kita makin dekat kepada-Nya dan membuat kita makin menjadi manusia yang baik dan berguna bagi sesama. Kita ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 755 | Added by: edy | Date: 2012-07-07 | Comments (0)

Muhamad SAW: "Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR Al Bukhari).

Nampak dari hadist di atas bahwa yang menjadi concern Nabi Muhammad adalah di membangun akhlak manusia; di membangun moral; di membangun budi pekerti. Kita setuju untuk mengatakan bahwa Islam adalah jalan yang dipakai Nabi Muhammad untuk membangun ahlak manusia. Namun perlu kita cermati juga isi hadist di atas, dan kemudian bertanya kenapa kalimat yang dipilih beliau adalah membangun ahlak dan bukan membangun Islam, atau kalimat yang lain misalnya. Padahal jelas-jelas 23 tahun lamanya beliau tanpa lelah membangun dan membesarkan Islam. 

Hemat saya, kenapa kalimat tersebut yang dipilih adalah lantaran tidak ada yang lebih pent ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 628 | Added by: edy | Date: 2012-07-07 | Comments (0)