Home » Deepak Chopra
Oleh : Deepak Chopra

Berdasarkan survey atas orang yang usianya tergolong panjang, lebih dari 90 tahun, ternyata hasilnya bukanlah apa yang biasa kita ketahui mengenai prinsip prinsip umum yang dapat membantu kita semua untuk menjalani hidup lebih lama, seperti diet, olahraga, tidak merokok atau tidak minum alkohol. Ternyata penjelasan yang paling umum yang dikemukakan oleh sebagian besar manula kita untuk hidup lebih lama adalah kemampuan mereka untuk bersikap ikhlas.

Orang yang berumur panjang mempunyai fleksibilitas dan daya untuk pulih ketika menghadapi perubahan dalam hidup yang tidak terelakkan. Bila kita hidup lebih dari 100 tahun, kemungkinan besar kita telah mengalami banyak tantangan dan kerugian, sekalipun demikian kaum manula super ini mampu melewati kesulitan dan melanjutkan kehidupan mereka. Mereka melepaskan pegangan mereka pada pengalaman yang tidak berguna bagi mereka. Mereka mengikhlaskan dan melanjutkan perjalanan.

Dari perspektif Ayurveda, kemampuan untuk menghadapi dengan apa yang terjadi tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang membekas adalah gejala dari kekuatan mencerna yang hebat, dalam bahasa sansekerta disebut Agni. Pernyataa ... Read more »

Category: Deepak Chopra | Views: 482 | Added by: edy | Date: 2012-08-12 | Comments (0)

Oleh : Deepak Chopra

Baru-baru ini telah ada serentetan buku tentang Tuhan dari para ilmuwan untuk menanggapi perdebatan tentang intelejen desain. Buku-buku ini telah meningkatkan skeptisme banyak orang bahwa Tuhan itu ada, kebanyakan orang menganggapnya belum jelas. Ilmu pengetahuan selama ini dianggap sebagai pihak yang rasional, sedangkan Agama-agama dianggap berpikir takhayul dan tidak beralasan. Buku terlaris terbaru dalam tema ini adalah "The God Delusion” oleh Richard Dawkins. Saya ingin mengambil subjek tersebut di sini. Dawkins telah banyak menulis tentang evolusi, ia adalah profesor di Oxford University, dan kerap berbicara lantang keluar menentang kemungkinan bahwa Tuhan itu nyata. Dia membuat banyak poin untuk mendukung klaimnya bahwa agama adalah omong kosong dan bahwa tidak ada sedikit pun bukti rasional terhadap Tuhan, mujizat, jiwa, dll. Karena ini adalah masalah penting, saya ingin berdebat melawan poin ... Read more »
Category: Deepak Chopra | Views: 485 | Added by: edy | Date: 2012-08-12 | Comments (0)

Oleh : Deepak Chopra

Karena kesadaran adalah dasar dari semua realitas, setiap pergeseran kesadaran merubah setiap aspek realitas kita. Realitas diciptakan oleh kesadaran yang dibedakan oleh kognisi, suasana hati, emosi, persepsi, perilaku, ucapan, interaksi sosial, lingkungan, interaksi dengan kekuatan alam, dan biologi. Ketika kesadaran berkembang, aspek-aspek yang berbeda dari kesadaran juga akan berubah. Meskipun setiap tradisi spiritual berbicara tentang keadaan kesadaran yang lebih tinggi, terutama di dalam Vedanta dimana kita menemukan seperti peta terstruktur dari tahap-tahap perkembangan. Rata-rata orang hanya mengalami tiga kondisi kesadaran sepanjang hidupnya. Itu adalah kondisi tidur nyenyak, mimpi, dan kondisi kesadaran ketika terbangun. Fungsi otak yang diukur adalah berbeda di masing-masing kondisi. Biologi Otak dan gelombang otak menunjukkan karakteristik yang tepat dan berbeda antara kondisi tidur, mimpi, dan kondisi kesadaran ketika terbangun.

Praktek spiritual atau sadhana memulai proses dimana seorang individu mengubah kesadaran nya dari tiga kondisi umum dari kesadaran menjadi kesadaran yang "lebih  ... Read more »
Category: Deepak Chopra | Views: 508 | Added by: edy | Date: 2012-08-12 | Comments (0)

Oleh: Deepak Chopra

Hukum ini berlandaskan pada kenyataan bahwa kecerdasan alam bekerja dengan demikian mudah nyaris tanpa upaya apapun dan tanpa perlu dipikir. Dan karenanya juga merupakan prinsip keharmonisan dan cinta. Bila kita mempelajari pelajaran ini dari alam, dengan mudah kita bisa mewujudkan apa yang kita idamkan.



Bila Anda mempelajari cara kerja alam, akan Anda lihat bahwa yang digunakan adalah upaya yang sangat sedikit.


Rerumputan tidak berusaha untuk tumbuh, dia tumbuh begitu saja. Ikan tidak berusaha untuk berenang, begitu saja dia berenang. Bunga tidak berusaha untuk mekar, mereka mekar juga. Burung tidak berusaha untuk terbang, dan mereka terbang juga. Itu adalah kodrat hakiki mereka. Bumi tidak berusaha untuk berputar pada sumbunya; memang kodrat bumi adalah berputar dengan kecepatan tinggi dan beredar di alam raya. Merupakan kodrat batin setiap bayi untuk berada dalam kebahagiaan. Adalah kodrat matahari untuk bersinar, adalah kodrat bintang untuk berkelap kelip. Dan adalah kodrat manusia untuk membuat semua impiannya bisa terwujud, dengan mudah dan nyaris tanpa usaha.


Dalam ilmu pengetahuan tentang Veda, yang merupakan ... Read more »
Category: Deepak Chopra | Views: 516 | Added by: edy | Date: 2012-08-12 | Comments (0)